Agen resmi Penjualan pupuk hayati M-Bio. Tlp: 085-323-179-112 Line ID: mbioporasi

Jumat, 10 Agustus 2018

Pupuk Cengkeh Alami

 pupuk cengkeh alami
Untuk anda yang ingin menanam pohon cengkeh secara organik, berikut ini pupuk cengkeh alami yang dapat anda racik sendiri di kebun dengan bahan-bahan seadanya dan hasil nutrisi yang tidak kalah dengan pupuk anorganik di toko-toko penyedia pupuk. Cengkeh adalah jenis tanaman yang membutuhkan jenis pupuk yang berbeda di setiap vase pertumbuhannya dan biasanya tanaman cengkeh sudah siap dipanen setelah memasuki usia 4-5 tahun setelah tanam. Simak cara pembuatan pupuk cengkeh alami dibawah ini,
Bahan-bahan:
- Kotoran Sapi: 50 kg
- Tanaman sisa panen: 30 kg
- Dedaunan hijau & Rerumputan: 20 kg
- Tanah humus berpasir: 5 kg
- Gula merah / gula putih: 100 gr
- Air: ± 5 liter
- Pupuk Hayati M-BIO: 100 ml

Pembuatan:
  • Larutkan Pupuk Hayati M-BIO, gula & air di dalam wadah hingga tercampur rata
  • Campur rata bahan-bahan organik yang sudah dicacah dan kotoran sapi menggunakan sekop.
  • Siramkan larutan M-BIO, air & gula secara merata dengan menggunakan embrat pada campuran bahan organik, sampai kandungan air pada campuran bahan organik tsb mencapai ± 50% (adonan bila diremas dengan tangan tidak keluar air, dan apabila remasan dilepas adonan mekar)
  • Adonan ditumpukkan merata di tempatnya, kemudian ditutup dengan karung goni atau penutup lainnya supaya tidak terkena hujan dan sinar matahari langsung. 
  • Setelah 6-8 jam, suhu adonan diperiksa. Selanjutnya aduk-aduk / balik adonan sampai suhu adonan dingin kemudian ditutup kembali. 
  • Setelahnya, adonan harus dibalik / diaduk kembali setiap hari untuk menjaga suhu adonan tetap di bawah 40° C.
  • Setelah ± 7-10 hari fermentasi, pupuk cengkeh alami siap diaplikasikan

Cara Pengaplikasian:
  • Buatlah lubang / parit disekeliling tajuk akar dan masukkan sedikitnya 5 kg pupuk organik padat ini, kemudian tutup dengan tanah dan siram air secukupnya.
  • Pupuk cengkeh alami sebaiknya diaplikasikan ulang setiap 4 - 6 bulan sekali dengan dosis yang bertambah secara bertahap (5 kg, 6 kg, 7 kg) setiap tahunnya untuk menunjang kebutuhan nutrisi pohon cengkeh.
Setelah tanaman cengkeh memasuki usia berbunga, pupuk harus diganti komposisinya, menjadi pupuk cengkeh alami yang banyak mengandung unsur hara P & K serta unsur hara N yang harus dikurangi supaya tanaman cengkeh bisa fokus membentuk bunga cengkeh dengan kualitas baik. Untuk membuat pupuk cengkeh alami dengan banyak kandungan P&K, anda bisa membuatnya dari campuran kotoran ayam, kotoran kambing, urine hewan, kulit buah-buahan, seresah daun / daun kering, buah-buahan, batang & bonggol pisang, cangkang telur, air cucian beras, abu kayu,sabut kelapa, dll. Cara pembuatan dapat dilakukan sama seperti cara pembuatan diatas atau dijadikan pupuk organik cair (Baca: Cara Membuat Pupuk Organik Cair). Untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi, pohon cengkeh juga sebaiknya diberi pupuk kocoran setiap 2 minggu sekali dengan Pupuk Hayati M-Bio dosis 1 liter/150 ltr air. Untuk meningkatkan daya tahan cengkeh dari hama, bagian daun & batang sebaiknya disemprot dengan Pupuk hayati M-BIO dosis 7 tutup botol / 14 liter air setiap 10 hari sekali atau sebulan 3x.

Alasan Mengapa Pembauatan Pupuk Cengkeh Alami Membutuhkan Pupuk Hayati M-BIO

proses pembuatan pupuk cengkeh alami dengan pupuk hayati M-BIO secara fermentasi
1 liter cukup untuk 1 ton bahan organik
Untuk bahan organik terdekomposisi hingga memenuhi syarat sebagai pupuk cengkeh alami, bahan organik membutuhkan proses panjang yang rumit. Faktor paling penting dalam proses dekomposisi selain suhu udara serta campuran bahan organik yang tepat, juga membutuhkan bantuan mikroba-mikroba pengikat N serta pelarut P & K dalam jumlah yang memadai. Mikroba-mikroba tersebut biasanya sudah ada dan tersedia secara alami, hanya saja jumlahnya sedikit sehingga menyebabkan waktu pembuatan pupuk sangatlah lama (± 15 - 45 hari).

Kini, sudah ada pupuk hayati yang mengandung mikroba majemuk seperti: Azotobacter sp, Bacillus sp, Lactobacillus sp, Saccharomyces sp; yang telah teruji mampu mempercepat proses dekomposisi bahan-bahan organik secara fermentasi. Lama pembuatan pupuk cengkeh alami tidak lagi 15-45 hari namun cukup dengan 7-10 hari saja! Mikroba dalam pupuk hayati M-BIO terbukti mampu mempercepat proses dekomposisi, melarutkan P & K yang tidak tersedia menjadi bentuk P & K yang tersedia bagi tanaman. Sanggup mengikat N serta kandungan nutrisi yang dihasilkannya lebih tinggi dari pada pupuk organik biasa (tanpa fermentasi dengan Pupuk Hayati M-BIO) dan hasil fermentasi dari bahan organik ini (asam amino, asam laktat, gula, alkohol, vitamin, protein, dan asam lainnya) lebih mudah diserap oleh tanaman terutama oleh daun. Tak hanya itu saja, Pupuk Hayati M-BIO bila dikocorkan dan/atau disemprotkan ke bagian akar, batang, daun dan buah muda dapat menekan / mencegah bakteri patogen penyebab penyakit. 

DAPATKAN SEKARANG!!
Diskon 10% untuk 1 btl pertama
Info Lengkap Harga dan Pemesanan
pupuk cengkeh alami & cara pesan m-bio
Distributor & Agen Resmi M-BIO Porasi
Keamanan dan Kenyamanan Privasi Pelanggan Terjamin

*(( Pupuk Cengkeh Alami ))*

pemesanan pupuk hayati M-bio Line ID:
mbioporasi
Telegram ID:
@mbioporasi
Posted by: Agen Resmi M-BIO