Agen resmi Penjualan pupuk hayati M-Bio. Tlp: 085-323-179-112 Line ID: mbioporasi

Senin, 30 Juli 2018

Cara Membuat Pupuk Daun

 cara membuat pupuk daun
Selamat Datang!! Postingan hari ini akan kami jelaskan cara membuat pupuk daun organik yang sangat mudah serta aman untuk tanaman jenis apapun tanpa merusak tanah maupun tanaman itu sendiri meski diaplikasikan sesering mungkin. Pupuk daun adalah istilah bagi pupuk yang cara aplikasinya disemprotkan ke bagian daun (bagian daun yang menghadap kebawah / bagian punggung daun memiliki lebih banyak stomata). Kelebihan dari pemupukan melalui daun adalah tanaman dapat menyerap unsur hara secara langsung dan lebih cepat dibandingkan dengan pupuk akar karena stomata pada daun lebih responsif dalam menyerap unsur hara. Pupuk daun juga tidak merusak tanah dan dapat merangsang pertumbuhan tunas secara cepat. Pemupukan melalui daun sangat efektif diterapkan pada keadaan tanah yang kurang subur dan lahan kering (atau dilanda kemarau). Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan pupuk daun diantaranya: 
  1. Sebaiknya anda tidak menggunakan pupuk daun bersamaan dengan pestisida yang mengandung zat pekat, sebab dapat mengakibatkan pupuk daun hanya menempel di daun tanpa bisa diserap. Hindari juga menggunakan sprayer yang sama dengan sprayer untuk pestisida.
  2. Waktu penyemprotan bisa dilakukan setiap 1 atau 2 minggu sekali di musim kemarau dan/atau setiap hari saat musim hujan.
  3. Setelah beberapa kali penyemprotan bila tunas baru (yang nantinya menjadi ranting dan daun) telah muncul penyemprotan sebaiknya dihentikan hingga tunas cukup kuat dalam menyerap pupuk daun, setelahnya penyemprotan dapat diteruskan dengan pupuk daun yang kandungan unsur haranya disesuaikan kebutuhan tanaman.
  4. Apabila bunga mulai mekar, penyemprotan juga sebaiknya dihentikan, karena beberapa bunga sangat sensitif / akan rontok dan gugur lebih cepat. Pupuk daun dapat disemprotkan kembali setelah bunga telah berbentuk bakal buah. 
  5. Tanaman yang baru dipindahkan dari pot / polybag ke kebun / lapangan sebaiknya tidak diberi pupuk daun sampai tanaman tsb benar-benar telah segar dan siap menyerap pupuk melalui daun.

Cara Membuat Pupuk Daun Organik Mudah dan Murah
Penggunaan / penyemprotan pupuk daun yang paling baik adalah pukul 8 - 9 pagi hari atau pukul 3 - 4 sore hari, karena stomata daun sedang membuka sempurna, jika pupuk daun diaplikasikan saat stomata daun sedang menutup banyak kemungkinan pupuk daun akan menetes dan bekerja layaknya pupuk akar (pupuk yang diserap melalui akar) dan sebagian kecil lainnya menguap / terbilas air hujan. Berikut ini contoh cara membuat pupuk daun yang mengandung unsur NPK lengkap, sangat cocok diaplikasikan pada jenis tanaman yang sedang memasuki vase berbunga & berbuah,
Bahan-bahan:
- Rerumputan / daun kering / azolla: 4 kg
- Bunga-bungaan / buah-buahan / umbi-umbian: 2 kg
- Sampah organik rumah tangga: 3 kg
- Air cucian beras: 3 liter
- Air rebusan telur / tulang / kulit udang / kerang / dll: 2 liter
- Gula merah / gula putih: 100 gr
- Air: 10 liter
- Pupuk Hayati M-BIO: 100 ml

Pembuatan:
  • Larutkan Pupuk Hayati M-BIO, air, air rebusan telur (dll), air cucian beras & gula di dalam ember cat yang bisa ditutup rapat hingga tercampur rata. 
  • Masukkan bahan-bahan organik yang sudah dicacah kasar ke dalam larutan dan aduk kembali hingga bahan-bahan organik terendam dalam air, volume bahan organik setidaknya ⅓ dari volume keseluruhan, kemudian tutup rapat dan simpan ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung supaya proses fermentasi bekerja dengan sempurna
  • Lakukan pengadukan larutan sehari sekali selama 7 hari, setelah itu pupuk daun organik siap diaplikasikan.

Cara Pengaplikasian pupuk daun:
  • Setiap satu liter pupuk organik cair ini harus dicampur dengan 5 - 10 liter air. Boleh ditambah air bisa dirasa terlalu pekat.
  • Sebelum diaplikasikan, saring dahulu larutan pupuk daun agar sisa-sisa bahan organik yang tidak larut-- tidak terbawa ke dalam sprayer.
  • Bahan organik yang tidak larut / hasil saringan pupuk daun organik ini memiliki kandungan yang kurang lebih sama, setelah dikeringkan bisa diaplikasikan layaknya pupuk organik padat di hari lainnya.

Apa itu Pupuk Hayati M-BIO dalam Cara Membuat Pupuk Daun?
1 liter M-BIO cukup untuk 150-200 liter air pupuk daun
Pupuk Hayati M-BIO atau yang lebih sering disebut sebagai pupuk biofertilizer atau pupuk mikrobiologis M-BIO adalah jenis pupuk yang mengandung formula khusus berisi mikroba majemuk menguntungkan diantaranya: Azotobacter sp, Bacillus sp, Lactobacillus sp, Saccharomyces sp; juga mengandung berbagai hormon perangsang tumbuh seperti Auksin, Giberelin, Sitokinin dan enzim sebagai senyawa bioaktif untuk pertumbuhan tanaman. Selain dapat diaplikasikan langsung pada daun, batang dan akar, pupuk hayati M-BIO juga mampu dengan aktif mendekomposisi bahan-bahan organik yang direndam dalam air serta diproses secara fermentasi dalam cara membuat pupuk daun organik hingga menjadi pupuk daun yang kaya akan nutrisi bagi tanaman.

Cara membuat pupuk daun yang dikombinasikan dengan pupuk hayati M-BIO terbukti mengandung unsur hara dengan kualitas lebih baik dibanding kompos / pupuk organik biasa (tanpa fermentasi) serta mampu menekan pertumbuhan penyakit / hama penyebab rusaknya batang, daun maupun akar tanaman. Berikut ini beberapa keunggulan baik yang mampu diberikan oleh Pupuk Hayati M-BIO dalam cara membuat pupuk daun:
  1. Mempercepat dekomposisi bahan-bahan organik secara fermentasi. Pembuatannya lebih cepat dan singkat (hanya 7 hari) dibanding pembuatan pupuk daun (tanpa fermentasi dengan pupuk hayati M-BIO)
  2. Melarutkan P & K yang tidak tersedia menjadi bentuk P & K yang tersedia bagi tanaman.
  3. Mengikat Nitrogren udara
  4. Kandungan nutrisinya lebih tinggi dari pada kompos dan hasil fermentasi dari bahan organik ini (asam amino, asam laktat, gula, alkohol, vitamin, protein, dan asam lainnya) lebih mudah diserap oleh tanaman terutama oleh daun.
  5. Menekan / mencegah bakteri patogen serta mengurangi atau menghilangkan efek fermentasi yang merugikan (dekomposisi / pembusukan yang menimbulkan bau busuk), pembentukan amonia, H2S dan beberapa senyawa karbon serta gas-gas yang berbahaya yang dihasilkan oleh mikroba yang merugikan.

DAPATKAN SEKARANG!!
Diskon 10% untuk 1 btl pertama
Info Lengkap Harga dan Pemesanan
cara membuat pupuk daun dengan pupuk hayati m-bio secara fermentasi
Distributor & Agen Resmi M-BIO Porasi
Keamanan dan Kenyamanan Privasi Pelanggan Terjamin

*(( Cara Membuat Pupuk Daun ))*

pemesanan pupuk hayati M-bio Line ID:
mbioporasi
Telegram ID:
@mbioporasi
Posted by: Agen Resmi M-BIO